GLADIATOR SKILL BUILD LEVEL 90

One Day ahead of Cap 90 in DN SEA , seems to be really difficult for Skill Build Update from tomorrow . I'm still going to keep on trying to remain Update Skill Build , if not please be advised yes . Polling I have to replace it with the latest in order Votenya not accumulate in Job - existing Job Skill Build . It becomes a new opportunity for you that I have not discussed his favorite Job Skill Build . Based on the results of the previous poll , I will discuss about Gladiator Skill Build.


    Gladiator merupakan salah satu Job DPS yang kurang populer di Cap 80. Hal ini dikarenakan Gladiator selalu ada dibayang-bayang Moonlord (Lunar Knight). Beberapa teman saya terpaksa harus lebih fokus ke PVP selama Cap 80, dibandingkan harus sakit hati selalu dikucilkan oleh Party Nest/Raid. Gladiator memiliki skill andalannya yaitu Finish Attack EX. Sayangnya skill tersebut baru berasa damagenya ketika HP musuh dibawah 40%an.

    Gladiator mendapatkan harapannya di Cap 90, karena sebagian besar skillnya ditingkatkan damagenya. Walaupun developer sepertinya masih setengah hati menaikannya, karena setelah saya hitung kenaikannya hanya sekitar 16% dari Cap 80 (baca: Analisis Swordmaster Class). Saya masih merasa peningkatan ini kurang untuk mengalahkan kepopuleran Moonlord (Lunar Knight). Kita tunggu saja Update Skill setiap bulannya, akankah ada Boost lanjutan untuk Gladiator?







Jade/Jewel

Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: PATK + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT



Kenapa tidak menggunakan AGI?

1. Konversi 1 STR =  0.75 PATK dan 1 AGI = 0.25 PATK
2. Buff Class Master I (Pasif 65) dapat meningkatkan 60% STR (bukan PATK/AGI ya)



Bermain Kritikal tidak ada salahnya tetapi harus menggunakan Cara yang tepat seperti yang pernah saya jelaskan di Dark Avenger Skill Build.



Heraldry + Talisman

Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Wind/Ultimate


Skill Build

Setiap Post Skill Build, saya akan memberikan tabel Potensi DPSnya dulu, supaya kalian yang kurang cocok dengan Build PVE saya bisa memilih mana Skill yang punya DPS besar.



Keterangan:

1. Gear Char sama dengan Analisis Swordmaster Class
2. DPS Full Hit dan Buff/Debuff
3. Level Skill Max atau Max +1



Build PVE




Circle Break

Circle Break masih menjadi Skill DPS terbesar diantara semua Skill DPS di Warrior Tree. Skill ini dilengkapi Iframe 0.3 detik juga, sehingga sangat cocok untuk dijadikan Skill DPS.


Dash Kick

Skill ini sangat diperlukan untuk mereset cooldown Line Drive INS



Lunar Knight (Moonlord) Skill

Tadinya saya hanya ingin menaikan Great Wave (Ultimate Skill Moonlord) saja, karena memiliki potensi DPS yang lebih tinggi dibandingkan Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Lalu saya bingung mau membuang 12 Skill Point kemana. Daripada bingung lebih baik saya sekalian menaikan Moonlight Splitter, Cyclone Slash, Crescent Cleave dan Halfmoon Slash level 1. Ke empat skill itu bisa digunakan untuk mengisi kekosangan skill atau kombo dan DPS/damagenya juga lumayan.


Note: saya belum tahu apakah menggunakan Skill di Moonlord Line ini bisa menambah Bubble Pasif 65 (class Mastery I) juga?



Triple Slash

Di tabel Potensi DPS, Triple Slash menduduki peringkat ke 4. Boost damage Triple Slash di Cap 90 memang besar yatu sekitar 91%an (baca:  Analisis Swordmaster Class). Bahkan diLunar Knight (Moonlord) Skill Build saja saya menaikan skill ini untuk PVE, hehehe.


Deep Straight/Front Shove

Menyusul Triple Slash di posisi ke 4, Front Shove juga memiliki Potensi yang cukup besar. Walaupun terpaut sekitar 60000 poin tetapi masih layak untuk dinaikan Max atau Level 16.


Hacking Stance

Seharusnya jika tidak ada perhitungan Finish Attack (HP 10%), Hacking Stance masih tetap menjadi TOP DPS untuk Gladiator. Syarat agar Hacking Stance menjadi TOP DPS cukup berat. Pertama kalian harus menggunakan Skill Ring +1 agar damagenya meningkat dan cooldownnya berkurang. Kedua, kalian harus melakukan Full Hit (6 detik Stance) atau jangan sampai di cancel, hehehe.


Line Drive

Potensi DPS Line Drive memang masih bisa kalah dengan 3 Skill Lunar Knight, tetapi jangan lupa Line Drive merupakan Skill INS untuk Gladiator. Line Drive INS dapat di cast setelah Dash Kick atau Dash Combo. Jika Dash Kick berhasil mengenai musuh, maka cooldown Line Drive INS akan reset. Itu berarti Line Drive INS bisa digunakan setiap 20 detik sekali atau 16 detik sekali kalau menggunakan Skill Heraldry Dash Kick cooldown.


Brave

Peningkatan level Skilll ini akan menambahkan durasi Buffnya.


Provoking Slam/Luring Slash

Peningkatan level Skill ini tidak akan meningkatkan % Debuffnya tetapi hanya Damagenya saja. Oleh karena itu. saya tidak perlu menaikannya MAX.


Evasion Slash

Potensi DPS Evasion Slash di atas adalah untuk yang menggunakan Skill Ring +1, sehingga cooldownnya lebih cepat 0.5 detik. Jika tidak menggunakan Skill Ring, maka DPSnya akan kalah tipis dengan Triple Slash EX.


Finish Attack

Saya heran kenapa ada orang bilang Finish Attack EX merupakan Skill dengan DPS terbaik di Dragon Nest (pengalaman di DN INA). Saya sih cuman bisa senyum saja mendengarnya. Lihat saja tabel di atas, Potensi DPS Finish Attack disaat musuh Full HP atau 60%+ masih kalah dengan Cyclone Slash level 16 (LOL). Memang untuk Low HP Finish Attack memiliki penambahan Damage yang besar, tetapi tetap saja masih jauh untuk menjadi Skill DPS terbaik (maaf ya fans berat Finish Attack). Yah walaupun seperti itu, Finish Attack tetap wajib MAX.

Build PVP




Rising Slash (6) + Circle Break (6)

Seperti biasa, kedua skill ini menjadi perlengkapan kombo PVP saya. Sebenarnya ingin sekali ditambah Impact Wave level 6, tetapi skill pointnya tidak cukup.


Triple Slash + Front Shove

Saya tidak memaksimalkan kedua skill ini karena untuk menghemat Skill Point dan sedikit MP. Yap, skill yang MAX akan memiliki konsumsi MP yang besar pula. Saya agak malas ketika Ladder lalu kehabisan MP.


Halfmoon Slash

Kali ini saya menaikan Halfmoon Slash sampai level 11. Di PVE saya tidak tertarik menaikan/memaksimalkan skill ini karena potensi DPSnya tidak terlalu besar. Berbeda dengan PVE, Halfmoon Slash memiliki damage yang lumayan besar di PVP sehingga sangat cocok untuk Team PVP atau Ladder.


Great Wave

Ultimate ini biasanya saya gunakan ketika melawan Range Job di Ladder. Biasanya mereka sangat sulit sekali di tempel oleh Infinity Edge (Ultimate Skill Gladiator). Sedikit tips dari saya, sebelum menggunakan Great Wave kalian pastikan Musuh tidak memiliki Escape Skill atau Aerial Evasion (niat mode).



Skill Heraldry

PVE:
1. Finish Attack (damage/cooldown)
2. Triple Slash (damage)
3. Line Drive (damage)
Optional: Evasion Slash/Front Shove (damage), Hacking Stance, Great Wave, Dash Kick (cooldown)



PVP:

1. Finish Attack (cooldown)
2. Line Drive (damage)
3. Side Kick (action speed)
Optional: Triple Slash, Front Shove, Evasion Slash (damage), Halfmoon Slash (Action Speed)

Semoga bermafaat yaa artikel ini ^_^

Comments

Popular posts from this blog

['SKILL BUILD'] Ray Mechanic Dragon Nest Indonesia

['SKIL BUILD'] Cryomancer Lvl 95 Dragon Nest Indonesia (PVE,PVP)